Examples non Examples Kolaborasi Everyone is a Teacher Here
Examples non Examples Kolaborasi Everyone is a Teacher Here | Pada Postingan terdahulu mengenai strategi Examples non Examples dan strategi Everyone is a Teacher Here, Namun kali ini kita coba Kolaborasikan, inilah caranya:
Sumber Gambar: elektro.uny.ac.id
a. Pengertian kolaborasi. Maulana (2011:229) menjelaskan bahwa “kolaborasi adalah pembelotan dan bekerja sama dengan musuh.
b. Pengertian strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here. Berdasarkan pengertian strategi Strategi Examples non Examples dan strategi Everyone is a Teacher Here yang diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here adalah kerjasama atau perpaduan antara strategi Examples non Examples dengan strategi Everyone is a Teacher Here.
c. Manfaat penerapan strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here. Berdasarkan manfaat penerapan strategi Examples non Examples dan Everyone is a Teacher Here yang diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa manfaat penerapan strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here adalah sebagai berikut:
1) Meningkatkan kemapuan siswa dalam menganalisa gambar.
2) Membuat siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar.
3) Melatih keterampilan siswa mengemukakan pendapat.
4) Meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep.
5) Mendorong siswa untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari Example non Example.
6) Meningkatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual.
7) Mengaktifkan siswa.
8) Menggali informasi seluas-luasnya baik administrasi maupun akademis.
9) Mengecek atau menganalisis pemahaman siswa tentang pokok bahasan tertentu.
10) Membangkitkan respon siswa.
d. Kendala-kendala penerapan strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here. Berdasarkan kendala-kendala strategi Examples non Examples dan Everyone is a Teacher Here yang diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kendala-kendala strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here adalah sebagai berikut:
1) Strategi ini sulit diterapkan pada siswa yang kurang memiliki kemampuan menganalisis.
2) Pertanyaan yang diajukan siswa tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3) Siswa merasa takut ketika tidak bisa menjawab pertanyaan.
e. Kelemahan-kelemahan strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here. Berdasarkan kelemahan-kelamahan strategi Examples non Examples dan Everyone is a Teacher Here yang diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kelemahan-kelemahan strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here adalah sebagai berikut:
1) Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar.
2) Membutuhkan waktu yang lama untuk penerapannya.
3) Memerlukan penjelasan materi di awal oleh guru agar soal yang dibuat siswa tidak menyimpang dari tujuan pembelajaran.
f. Kelebihan-kelebihan strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here. Berdasarkan kelebihan-kelebihan strategi Examples non Examples dan Everyone is a Teacher Here yang diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kelebihan-kelebihan strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here adalah sebagai berikut:
1) Meningkatkan kemapuan siswa dalam memahami konsep.
2) Menumbuhkan motivasi pada diri siswa.
3) Membangun kerjasama antar sesama siswa.
4) Materi pembalajaran menjadi lebih menarik.
5) Mengkonkritkan materi yang masih bersifat abstrak.
6) Mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran.
7) Melatih siswa untuk bertanggung jawab.
8) Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat, menganalisis masalah, dan ketrampilan membuat simpulan.
g. Langkah-langkah penerapan strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here. Berdasarkan langkah-langkah penerapan strategi Examples non Examples dan Everyone is a Teacher Here yang diuaraikan di atas, maka dapat disimpulkan langkah-langkah penerapan strategi Examples non Examples kolaborasi Everyone is a Teacher Here adalah sebagai berikut:
1) Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2) Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP atau LCD.
3) Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4) Diskusi dilakukan melalui pembentukan kelompok yang terdiri dari 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas oleh masing-masing siswa dengan mencantumkan identitas nama siswa.
5) Guru mengambil hasil analisis dari masing-masing siswa.
6) Hasil analisis diacak dan dibagikan pada siswa masing-masing satu, dan pastikan tidak ada siswa yang memperoleh hasil analisnya sendiri.
7) Siswa menulis pertanyaan di hasil analisis yang diterimanya.
8) Siswa membacakan hasil analisis yang diterima dan pertanyaan yang ditulisnya kepada pemilik hasil analisis tersebut.
9) Pemilik hasil analisis menjawab pertanyaan, dibantu oleh teman diskusinya.
10) Siswa lain menanggapi jawaban yang diberikan.
11) Dilanjutkan dengan peserta lain yang hasil analisisnya dipenggang oleh siswa yang menjawab pertanyaan jika waktu memungkinkan.
12) Guru memberikan klarifikasi selanjutnya menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
Daftar Pustaka dapat dilihat pada Sumber Rujukan, Examples non Examples Kolaborasi Everyone is a Teacher Here
0 Response to "Examples non Examples Kolaborasi Everyone is a Teacher Here"
Posting Komentar