Strategi Examples non Examples

Kajian Mengenai Strategi Examples non Examples | Kajian teorinya dimulai dari Pengertian strategi, Pengertian strategi Examples non Examples, Manfaat penerapan strategi Examples non Examples, Kendala-kendala penerapan strategi Examples non Examples, Kelemahan-kelemahan strategi Examples non Examples, Kelebihan-kelebihan strategi Examples non Examples, Langkah-langkah penerapan strategi Examples non Examples. adalah sebagai berikut:

Examples non Examples
 sumber gambar: posterweb.blogspot.com

a. Pengertian strategi. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah dinyatakan bahwa “Strategi adalah pendekatan menyaluruh yang berupa padoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai suatu tujuan dan biasanya dijabarkan dari pandangan falsafah atau teori tertentu”.

b. Pengertian strategi Examples non Examples. Setyawan (2011) menyatakan bahwa Examples non Examples adalah strategi yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk belajar berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Kiranawati (2007) menyatakan bahwa “Examples Non Examples adalah metode belajar yang menggunakan contoh-contoh. Contoh-contoh dapat dari kasus / gambar yang relevan dengan KD”. Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa Examples non Examples adalah strategi pembelajaran yang menggunakan media gambar yang berupa contoh-contoh untuk mendorong siswa belajar berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan terkait contoh-contoh tersebut.

c. Manfaat penerapan strategi Examples non Examples. Kiranawati (2007) menyatakan bahwa manfaat dari penerapan metode Examples non Examples, yaitu:
1) Meningkatkan kemapuan siswa dalam menganalisa gambar.
2) Membuat siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar.
3) Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
Buehl (dalam Setyawan, 2011) menyatakan bahwa manfaat penerapan metode Example non Example, yaitu:
1) Memperluas pemahaman konsep yang mendalam dan lebih komplek.
2) Keterlibatan siswa dalam satu proses penemuan yang mendorong mereka untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari contoh bukan contoh.
3) Siswa diberi sesuatu yang berlawanan untuk mengeksplorasi karakteristik dari suatu konsep dengan mempertimbangkan bagian bukan contoh yang dimungkinkan masih terdapat beberapa bagian yang merupakan suatu karakter dari konsep yang telah dipaparkan pada bagian contoh.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat penerapan strategi Example non Example adalah sebagai berikut:
1) Meningkatkan kemapuan siswa dalam menganalisa gambar.
2) Membuat siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar.
3) Melatih ketrampilan siswa dalam mengemukakan pendapat.
4) Meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep.
5) Mendorong siswa untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari Example non Example.

d. Kendala-kendala penerapan strategi Examples non Examples. Setyosari (1998:55) menjelaskan bahwa kendala-kendala penerapan strategi Examples non Examples, yaitu strategi ini sulit diterapkan pada siswa yang kurang memiliki kemampuan menganalisis.

e. Kelemahan-kelemahan strategi Examples non Examples. Kiranawati (2007) menyatakan bahwa kekurangan-kekurangan dari metode Examples non Examples, yaitu tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar dan membutuhkan waktu yang lama untuk penerapannya.

f. Kelebihan-kelebihan strategi Examples non Examples. Setyawan (2011), menyatakan bahwa kelebihan-kelebihan strategi Examples non Examples, yaitu:
1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep.
2) Mendorong siswa untuk menuju pemahaman yang lebih mendalam mengenai materi yang ada.
Mahrim (2010:16) mengemukakan bahwa model Examples non Examples memiliki beberapa keunggulan, yaitu:
1) Mendorong siswa agar mampu menumbuhkan memotivasi diri untuk bisa membangun pengetahuan sendiri yang sudah berada di dalam diri mereka sendiri.
2) Membangun kerjasama antar sesama siswa sehingga mereka bisa saling mengemukakan dan meluruskan kompetensi pembelajaran.
3) Dengan contoh-contoh dan media gambar akan bisa menimbulkan daya tarik, mempermudah pemahaman yang bersifat abstrak sehingga bisa mempercepat peserta didik membentuk pemahaman diri terhadap suatu konsep.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan kelebihan-kelebihan strategi Examples non Examples adalah sebagai berikut:
1) Meningkatkan kemapuan siswa dalam memahami konsep.
2) Menumbuhkan motivasi pada diri siswa.
3) Membangun kerjasama antar sesama siswa.
4) Materi pembalajaran menjadi lebih menarik.
5) Mengkonkritkan materi yang masih bersifat abstrak.

g. Langkah-langkah penerapan strategi Examples non Examples. Widayati (2010) memaparkan langkah-langkah penerapan strategi Examples non Examples, yaitu:
1) Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2) Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
3) Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4) Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5) Tiap-tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
6) Mulai dari komentar hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
7) Kesimpulan
Daftar Pustaka dapat dilihat pada Sumber Rujukan strategi Examples non Examples.

0 Response to "Strategi Examples non Examples"

Posting Komentar