Pengertian Sosiologi menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi menurut Para Ahli | Banyak para ahli yang memberikan pengertian sosiologi, mari kita analisa bersama-sama kemudian buatlah kesimpulannya. Beberapa definisi sosiologi menurut para ahli:
Pengertian Sosiologi menurut Para Ahli
Ilustrasi : kompasiana.com

1. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
Dalam bukunya berjudul Setangkai Bunga Sosiologi; Sosiologi sebagai ilmu masyarakat mempelajari tentang struktur sosial yakni keseluruhan jalinan sosial antara unsur-unsur sosial yang pokok, seperti kaidah-kaidah sosial, ke-lompok-kelompok dan lapisan-lapisan sosial. Sosiologi juga mempelajari proses sosial yaitu pengaruh timbal balik antara pel-bagai segi kehidupan bersama. Contoh hubungan timbal balik antara kehidupan agama dan kehidupan politik, hubungan timbalbalik antara kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi.

2. P.J. Bouman (Belanda)
Dalam bukunya Sociologie Begrien en Problemen, sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antar sesama manusia (individu-individu), antar individu dengan kelompok, sifat dan perubahan-perubahan, lembaga-lembaga serta ide-ide sosial.

3. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial yaitu hubungan timbal balik antara perorangan dengan per-orangan, perorangan dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Hasilnya yaitu organisasi sosial.

Sumber rujukan: Elisanti,Tintin Rostini. 2009. Sosiologi 1. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

0 Response to "Pengertian Sosiologi menurut Para Ahli"

Posting Komentar