Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti SMP/MTS Kelas VIII 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti SMP/MTS Kelas VIII 2013 | Postingan sebelumnya Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti SMP/MTS Kelas VII 2013. Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu,gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Sementara itu, Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti SMP/MTS Kelas VIII 2013 dimuat dalam tabel berikut ini:


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1   Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2   Meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari.
1.3   Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman.
1.4   Menunaikan shalat sunnah.
1.5   Menerapkan ketentuan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasarkan syariat Islam.
1.6   Menunaikan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam.
1.7   Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

2.1   Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8 dan hadits terkait.
2.2   Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 dan hadits terkait.
2.3   Menghargai perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Ashr (103):2-3, Q.S. Al-Hujurat (49):12 dan hadits terkait.
2.4   Menghargai perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra‟(17):27 dan hadits terkait.
2.5   Menghargai perilaku mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl (16):114 dan hadits terkait.
2.6   Menghargai perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta hadits terkait.
2.7   Menghargai perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al ‟Alim, al-Khabir, as-Sami‟, dan al-Bashir) dan Q.S.Al- Mujadilah (58):11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait.
2.8   Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

3.1   Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25):63; Q.S. Al Isra‟(17): 27; Q.S. An Nahl (16):114; Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan32 serta hadits terkait.
3.2   Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah.
3.3   Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT.
3.4   Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid.
3.5   Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
3.6   Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah.
3.7   Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Quran dan Hadits.
3.8   Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah.
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

4.1   Membaca QS. Al Furqan (25): 63, Al Isra’(17): 27, QS An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90-91 dan Al Maidah (5): 32 dengan tartil.
4.2   Menunjukkan hafalanQS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait.
4.3   Mempraktekkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid.
4.4   Mempraktekkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
4.5   Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari.

Demikian postingan kali ini dengan judul  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti SMP/MTS Kelas VIII 2013, semoga dapat bermanfaat.

Sumber rujukan :bermutuanwarsyadat.guru-indonesia.net

0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti SMP/MTS Kelas VIII 2013"

Posting Komentar