11 Jenis Makanan Paling Bernutrisi untuk Kulit

11 Jenis Makanan Paling Bernutrisi untuk Kulit
Ilustrasi : iklimkarbon.com

11 Jenis Makanan Paling Bernutrisi untuk Kulit | Wajah yang bersih dan sehat merupakan dambaan setiap insan manusia. Apalagi bagi kaum perempuan,memiliki wajah putih, bersih,lembut,halus dan cerah adalah damban setiap wanita. Namun untuk membuat kulit anda seperti demikian tidaklah mudah, namun tidak juga sulit. Yang jelas sangat berpengaruh dari makanan yang anda konsumsi setiap hari. 
Dengan nutrisi yang baik, kulit jadi sehat dan otomatis terlihat lebih putih cerah. Makanan apa saja yang wajib dikonsumsi supaya kulit tidak lagi gelap dan kusam? 11 Jenis Makanan Paling Bernutrisi untuk Kulit :

1. Gandum
Bisa didapat dalam bentuk sereal maupun roti, gandum mengandung biotin yang berfungsi membantu sel tubuh memproses lemak. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kulit kering dan terlihat kusam.

2. Minyak Zaitun
Makanan paling sehat untuk kulit? Salad buah dan sayuran yang diperciki minyak zaitun sebagai penyedap. Minyak ini mengandung asam lemak yang esensial untuk membuat kulit terlihat cerah, bercahaya, dan sehat.

3. Ikan
Makhluk air ini kaya akan asam lemak Omega-3 yang merupakan resep utama untuk kulit yang cerah cemerlang. Selain itu, mengkonsumi sarden, tuna, atau salmonyang kaya protein dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Protein yang terkandung di dalamnya membantu reproduksi sel dan membuat kulit terlihat bercahaya.

4. Alpukat
Alpukat adalah sumber vitamin E. Ia berguna untuk menghambat penuaan dan memersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Mengonsumsi alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.

5. Jeruk
Semua jenis buah jeruk, termasuk jeruk bali, merupakan sumber vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam tubuh kita, yang berfungsi untuk mengurangi kerutan dan menghambat penuaan kulit. Ia juga dipercaya dapat memperlambat produksi melanin, pigmen yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Usahakan mengkonsumsi jeruk segar satu kali dalam sehari. Selain jeruk, tomat juga merupakan buah yang kaya vitamin C.

6. Tomat
Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa peserta dengan mengkonsumsi buah tomat sebanyak lima sendok pasta tomat kaya lycopene setiap hari selama tiga bulan yang memiliki perlindungan 25 % lebih banyak terhadap pancaran sinar matahari. Selain itu, buah tomat juga merupakan makanan yang dapat menjadikan kulit mempunyai lebih banyak kolegen untuk mencegah kulit menjadi kendur.

7. Strawberi
Segelasnya jenis strawberi terdapat 130 % vitamin C, yaitu suatu zat yang kuat untuk meningkatkan pengeluaran serat kolegen. Kolegen sendiri berfungsi untuk membantu kulit tetap stabil dan lembut. Semakin banyak vitamin c yang di konsumsi maka semakin sedikit garis-garis yang muncul di kulit.

8. Daun Salat
Setiap enam helai daun salat akan mengandung 100 % vitamin A. Vitamin A ini berfungsi untuk meremajakan kulit dengan cara meningkatkan pergantian sel. Selain itu,daun salat juga mengandung kalium yang dapat menambah zat kulit dan meningkatkan penyerapan oksigen dengan cara memperbaiki aliran darah.

9. Telur
Telur mengandung zat Lutein dan Zeaxanthin,yang berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar Ultraviolet. Di samping itu telur juga dapat membuat kulit lebih lembut,tegang dan lembap.

10. Epal
Kulit buah Epal banyak mengandung Quercetin, Antioxsida yang berfungsi untuk melindungi kulit dari pancaran sinar Ultraviolet yang dapat menjadikan berlakunya kanser kulit.

11. Soya
Soya adalah makanan yang kaya akan Isofl Avon Soya yang lazim di sebut dengan Aglycone seperti tempe. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kedutan halus dan ketegangan kulit akan meningkat apabila perempuan berusia di atas 30 sampai 40 tahun. Oleh sebab itu perbanyak konsumsi soya setiap hari.

Demikian tips mengetahui 11 Jenis Makanan Paling Bernutrisi untuk Kulit, semoga dapat bermanfaat.

Sumber :  tipshidupsehat.blogspot.com dan blog.kliktoday.com

0 Response to "11 Jenis Makanan Paling Bernutrisi untuk Kulit"

Posting Komentar