Tips Praktis Mengatasi Insomnia secara Alami

Tips Praktis Mengatasi Insomnia secara Alami | Tidur pulas dan berkualitas adalah dambaan bagi setiap orang. Sebab dengan tidur yang berkualitas sel-sel dalam tubuh yang lelah dapat segera dipulihkan. Dewasa ini mengalami kesulitan tidur, atau insomnia dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kebanyakan orang dalam mengatasi insomnia dengan menggunakan obat tidur atau obat anti-kecemasan untuk menyembuhkannya.

 Tips Praktis Mengatasi Insomnia secara Alami


Namun, di pihak penderita sendiri, sebenarnya ada beberapa cara non-medis yang bisa dicoba sendiri di rumah. Untuk mengatasi insomnia perlu diketahui dulu faktor-faktor yang mepengaruhi terjadinya insomnia pada sobat. Sehingga pemecahan masalahnyapun dapat diketahui. Baik, mungkin langsung saja saya sampaikan beberapa Tips Praktis Mengatasi Insomnia secara Alami:

1. Mandi Air Hangat Ketika insomnia melanda malam sobat, segeralah untuk merebus air, bagi yang tidak memiliki pemanas otomatis di kamar mandi, campurlah air yang telah mendidih kedalam air dingin sehingga tercipta air yang hangat. Mandi dan siramkan air hangat tersebut ke tubuh sobat beberapa kali secara perlahan. Mandi air hangat akan membuat tubuh yang berkontraksi menjadi merasa lebih tenang. Bonus tips setelah mandi sholat sunnah 2 rekaat dan berdoa sebelum tidur.
2. Khususkan tempat tidur hanya untuk tidur sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan sobat ke tempat tidur, atau menonton televisi dari tempat tidur. Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia. Upayakanlah agar kondisi kamar sobat kondusif untuk tidur Matikan lampu dan pastikan agar tidak ada suara-suara yang dapat mengganggu
3. Lakukan aktifitas santai sebelum tidur Jika dalam waktu setengah jam sejak sobat merebahkan diri sobat belum juga terlelap, cobalah bangun dan lakukan aktifitas yang santai, seperti membaca buku, sampai sobat mengantuk.
4. Atur pernapasan agar lebih dalam dan panjang Itu dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Banyak yang terbantu untuk mengatasi insomnia dengan cara ini.
5. Jangan lihat Jam Untuk tips yang satu ini agak sedikit berbeda namun cukup ampuh untuk mengatasi insomnia sobat. Merasa resah karena tidak dapat memejamkan mata justru akan membuat sobat semakin tidak bisa tidur atau membayangkan waktu yang terus berjalan sementara esok hari sobat harus bekerja dan malam ini belum juga dapat menutup mata untuk beristirahat justru akan membuat sobat semakin frustasi, jalan pintas untuk mengatasi hal ini adalah sangat mudah, balikkan jam weker sobat, jangan lihat jarum jam yang berputar, sobat tidak peduli malam ini akan tertidur pukul berapa, yang ingin sobat lakukan hanyalah istirahat saat ini
6. Jangan terlalu terobsesi dengan tidak bisa tidur. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah yang paling kesulitan mengatasi insomnia. Ingatlah, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun itu dapat diobati. Serahkan segala kekhawatiran sobat kepada kuasa ilahi. Sebab, dia sanggup menolong sobat dalam menghadapi kesulitan yang bagaimanapun besarnya dan betapapun rumitnya.

Selanjutnya bagi sobat perlu juga menerapkan cara-cara ini sehingga kualitas tidur yang diharapkan dapat di peroleh, simak berikut anjuran agar insomnia tidak berlangsung terus-menerus:

1. Telitilah penyebab insomnia yang sobat derita. Periksakan kesehatan sobat pada dokter jika sobat mencurigai adanya kelainan dalam tubuh sobat. Jikalau memang pikiran sobatlah yang mengganggu, maka sebaiknya selesaikanlah masalah tersebut. Bukalah isi hati sobat kepada seseorang yang dapat sobat percayai.
2. Indahkanlah irama tubuh sobat. Catatlah jam-jam tertentu dimana sobat dapat tidur dengan cepat, dan kapan sobat terbangun dari tidur. Jangan tidur terlalu awal. Naiklah ke tempat tidur hanya jika sobat benar-benar mengantuk.
3. Buang pil tidur jauh-jauh. Pil tidur tidak akan menolong dan bahkan akan dapat memperburuk keadaan. Penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka tiga minggu saja, pil tidur justru akan mengganggu tidur, bukannya menyenyakkan.
4. Cobalah untuk tidur pada jam yang sama setiap malam, Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik.
5. Rencanakanlah suatu kegiatan yang aktif dan produktif untuk sobat lakukan sebelum sobat benar-benar mengantuk. Jangan biarkan tubuh sobat berbaring sengsara di atas tempat tidur. Cobalah membaca, menulis surat, membuat rencana kerja untuk besok, dan sebagainya.
6. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas sobat di siang hari, Dengan lebih aktif di siang hari, sobat akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat.
7. Pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan bagi sobat, dan berolahraga dengan cukup dan teratur. Tetapi jangan lakukan olahraga keras sebelum tidur, ini akan menaikkan suhu tubuh lalu mengganggu tidur sobat.
8. Lawanlah kecenderungan sobat untuk makan malam banyak-banyak. Sebab, tubuh tidak bisa istirahat sepenuhnya pada waktu lambung dan usus bekerja keras untuk mencerna makanan. Makanan manis sebelum tidur tidaklah baik. Susu memiliki kesanggupan untuk membuat orang mengantuk.
9. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, terutama menjelang malam. Banyak yang mengira minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkannya terlelap. Kenyataannya, sobat justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. Hindari makan berlebihan di malam hari khususnya menjelang tidur.

Tips satulagi yang gak kalah ampuh dengan yang di atas adalah, berzikirlah ketika anda sedang mengalami insomnia. Artikel yang berjudul Tips Praktis Mengatasi Insomnia secara Alami merupakan simpulan dari berbagai macam artikel dari beberapa referensi Source1, Source2, Source3 semoga dengan mengetahui Tips Praktis Mengatasi Insomnia secara Alami menjadi sarana paling ampuh agar tidur sobat dapat berkualitas.

0 Response to " Tips Praktis Mengatasi Insomnia secara Alami"

Posting Komentar