Strategi Pembelajaran True Or False

Strategi Pembelajaran True Or False
(ilustrasi:10043vf)
Strategi Pembelajaran True Or False | True Or False adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan kartu yang berisi pernyataan-pernyataan benar dan salah yang diberikan kepada masing-masing siswa untuk dijawabnya.

Kelebihan-kelebihan:

  1. Dapat mengaktifkan seluruh siswa.
  2. Melatih siswa untuk mengemukakan pendapatnya.
  3. Melatih siswa menghargai pendapat orang lain.
  4. Dapat dilakukan untuk semua jenjang pendidikan.
Kelemahan-kelemahan:

  1. Memerlukan waktu lama untuk menghabiskan seluruh pernyataan.
  2. Sulit membuat daftar pernyataan yang bersifat aktual dan faktual.
  3. Siswa sulit mejawab pernyataan yang ada, sehingga kelas menjadi gaduh.
Langkah-langkah:
Manurut Silberman (2007:22), Langkah-langkah Strategi Pembelajaran True Or False adalah sebagai berikut:

  1. Guru membuat daftar pernyataan yang sesuai dengan materi pelajaran, yang isinya benar dan salah. Pernyataan ditulis dalam kartu indeks masing-masing secara terpisah dan pastikan jumlah pernyataan tersebut sesuai dengan jumlah siswa.
  2. Bagikan kartu masing-masing satu kepada siswa. Guru menginformasikan kepada siswa bahwa tujuan pembelajaran kali ini adalah siswa mampu membedakan mana pernyataan yang benar dan yang salah, untuk mencapai tujuan tersebut siswa boleh menggunakan berbagai cara, termasuk membuka buku.
  3. Ketika mata pelajaran selesai, mintalah masing-masing siswa membaca kartu yang diperolehnya dan dapatkan opini kelas tentang pernyataan itu benar atau salah.
  4. Guru memberikan tanggapan tentang kebenaran atau kesalahan untuk masing-masing kartu tersebut
  5. Guru memberikan simpulan.
Catatan:
  1. Sebelum kegiatan dimulai, tunjuklah beberapa siswa untuk menjadi pengamat, yakni mengamati apakah pernyataan yang diberikan termasuk dalam kategori pernyataan benar atau salah. Mintalah pengamat memberikan tanggapan atas jawaban yang diberikan.
  2. Usahakan guru menggunakan pernyataan yang sifatnya aktual dan fakta.
  3. Strategi ini cocok dikolaborasikan dengan strategi lain agar lebih efektif.
Sekian artikel dengan judul Strategi Pembelajaran True Or False semoga dapat bermanfaat.

[Sumber rujukan: Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning (diterjemahkan Sarjuli.dkk). Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.]

0 Response to "Strategi Pembelajaran True Or False"

Posting Komentar