Strategi Pembelajaran Questions Students Have

Strategi Pembelajaran Questions Students Have
(ilustrasi:famindonesia)
Strategi Pembelajaran Questions Students Have (Pertanyaan dari Siswa) | Questions Students Have (Pertanyaan dari Siswa) adalah strategi pembelajaran aktif yang menggunakan pertanyaan dari siswa sebagai bahan utama dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Kelebihan Questions Students Have:
1. Dapat mengaktifkan siswa secara penuh.
2. Melatih rasa percaya diri siswa.
3. Melatih siswa untuk berbuat jujur.
4. Meningkatkan kreatifitas siswa.
5. Dapat memeperdalam penguasaan materi pelajaran.
6. Dapat digunakan untuk semua mata pelajaran.

Kelemahan Questions Students Have:

1. Memakan waktu lama jika digunakan dalam kelas besar.
2. Pertanyaan dari siswa seringkali tidak sesuai dengan topik yang dibahas.

Langkah-langkah Questions Students Have:
Berdasarkan Modul PLPG Paedagogik Bidang Studi PKn dan IPS maka Langkah-langkah Strategi Questions Students Have adalah sebagai berikut:
1. Setiap siswa diberi secarik kertas kosong dan menuliskan sebuah pertanyaan sesuai fokus materi yang akan dikaji.
2. Pertanyaan dari setiap siswa diputar sebanyak jumlah siswa.
3. Pada saat membaca pertanyaan dari temannya, setiap siswa memberi tanda cek (v) atau tanda lainnya untuk pertanyaan yang dianggap penting.
4. Pertanyaan yang mendapat tanda cek (v) atau tanda lainnya yang terbanyak secara berurutan dibahas oleh guru yang bersangkutan.

Menurut Silberman (2007:13-14) Langkah-langkah Strategi Questions Students Have adalah:
1. Bagikan kartu kosong kepada masing-masing siswa.
2. Mintalah setiap siswa menulis beberapa pertanyaan yang mereka miliki tentang mata pelajaran atau sifat pelajaran yang sedang dipelajari.
3. Putarlah kartu tersebut searah jarum jam. Ketika setiap kartu diedarkan kepada siswa berikutnya, siswa tersebut harus membacanya dan memberikan tanda cek pada kartu itu apabila kartu itu berisi pertanyaan mengenai pembaca.
4. Saat kartu kembali kepada penulisnya, maka setiap perserta telah memeriksa seluruh pertanyaan yang ada. Poin ini mengidentifikasi pertanyaan yang memperoleh suara terbanyak.
5. Panggil beberapa siswa berbagi pertanyaan secara sukarela, sekalipun mereka tidak memperoleh suara terbanyak.
6. Kumpulkan semua kartu. Kartu tersebut mungkin berisi pertanyaan yang menurut guru penting untuk dijawab.

Catatan:
1. Guru perlu mengatur posisi tempat duduk siswa agar proses perputaran kartu berjalan dengan lancar.
2. Kartu tidak perlu diberi identitas, untuk menghindari pendapat yang subjektif.
3. Guru perlu melakukan pengamatan melalui mekanisme cek dan recek agar tidak terjadi dublikasi atau kecurangan dalam memberi tanda cek.
4. Perlu kolaborasi atau kombinasi dengan strategi lain agar lebih efektif.

Sekian artikel dengan judul Strategi Pembelajaran Questions Students Have (Pertanyaan dari Siswa) semoga dapat bermanfaat.

Sumber rujukan:
a. Modul PLPG Paedagogik Bidang Studi PKn dan IPS. Hal 29.
b. Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning (diterjemahkan Sarjuli.dkk). Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

0 Response to "Strategi Pembelajaran Questions Students Have"

Posting Komentar