Strategi Pembelajaran Planted Questions

Strategi Pembelajaran Planted Questions (Pertanyaan Semu atau Rekayasa) | Strategi ini membatu guru mempresentasikan informasi dalam bentuk respon terhadap pertanyaan yang telah ditanamkan atau diberikan sebelumnya kepada siswa tertentu. Sekalipun proses pembelajaran berlangsung seperti biasa, tetapi efeknya adalah siswa melihat guru melaksanakan sesi tanya jawab. Lebih dari itu, strategi ini dapat membantu siswa yang tidak pernah bertanya atau bahkan tidak pernah berbicara pada jam-jam pelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan diminta menjadi penanya.


Kelebihan Strategi Planted Questions:

1. Menumbuhkan rasa keberanian siswa dalam hal yang positif.
2. Dapat mengkondusifkan siswa secara penuh.
3. Menigkatkan kreativitas siswa.
4. Meningkatkan motivasi belajar siswa.


Kelemahan Strategi Planted Questions:

1. Tidak semua siswa mendapat kesempatan bertanya.
2. Tidak efektif untuk siswa tingkatan sekolah dasar.
3. Membutuhkan media yang cukup banyak.

Langkah-langkah Strategi Planted Questions:
Berdasarkan Modul PLPG Paedagogik Bidang Studi PKn dan IPS maka Langkah-langkah Strategi Planted Questions adalah sebagai berikut:
1. Guru memilih beberapa pertanyaan yang akan mengarahkan pada materi pembelajaran yang akan disajikan.
2. Tulis beberapa pertanyaan tersebut dan urutkan secara logis. Setiap pertanyaan ditulis pada sepotong kertas atau kartu kecil. Tuliskan pada kartu pertanyaan itu isyarat yang akan digunakan untuk memberi tanda kapan pertanyaan-pertanyaan tersebut akan diajukan. Tanda yang dapat digunakan misalnya: menggaruk kepala, mengusap hidung, membuka kacamata, menyembunyikan jari-jari dan sebagainya. Jadi instruksi dalam kartu itu akan nampak sebagai berikut:

Strategi Pembelajaran Planted Questions

3. Sebelum pembalajaran dimulai, pilihlah siswa yang akan mengajukan pertanyaan tersebut. Berikan setiap potongan kertas atau kartu itu dan jelaskan petunjuknya. Yakinkan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak diketahui siswa lain.
4. Bukalah sesi tanya jawab dengan menyebutkan topik yang akan dibahas dan berikan isyarat pertama. Jawablah pertanyaan pertama, kemudian teruskan dengan tanda-tanda dan pertanyaan-pertanyaan berikutnya dalam urutan yang logis.
5. Bukalah forum untuk pertanyaan baru.

Catatan:
1. Siapkan jawaban untuk setiap pertanyaan dalam flip chart, transparansi OHP, Handout, CD, atau Power Point dalam flashdisk, atau media lainnya yang siap ditampilkan ketika menjawab pertanyaan.
2. Berikan pertanyaan yang ditanamkan ini kepada siswa yang paling tidak tertarik atau pasif, atau pada siswa yang sering berulah negatif.

Sekian artikel dengan judul Strategi Pembelajaran Planted Questions (Pertanyaan Semu atau Rekayasa) semoga dapat bermanfaat.

[Sumber rujukan : Modul PLPG Paedagogik Bidang Studi PKn dan IPS. Hal 32-33]

0 Response to "Strategi Pembelajaran Planted Questions"

Posting Komentar